Home » , » Backup Data Drive C (system) Dengan Mini XP

Backup Data Drive C (system) Dengan Mini XP

Usamah Comp | 12:57 PM | 2comments
Salam Blogger..!

Jika sobat blogger atau netter bermaksud untuk menginstall ulang OS windows yang rusak, terkadang kita kerepotan untuk mengambil data atau dokumen yang kita punya, dan disimpan di drive C (system). Permasalahannya apabila kita install ulang sering kali data yang disimpan di Drive C terhapus karena installasi OS. Nah, kali ini saya akan memberika trik untuk membackup data yang tersimpan di Drive C, sebelum kita melakukan install ulang OS pada PC atau Laptop.

Salah satu fasilitas untuk membackup data kita adalah dengan menggunakan Mini OS windows XP. yg telah kita edit sehingga menjadi begitu kecil file size dari OS mini XP, kurang lebih 50MB saja. File  Mini-XP tersebut dapat didownload DISINI. Berbentuk .rar silahkan unrar terlebih dahulu. Kemudian kita buat bootable dengan Flashdisk. Seperti yang telah kami posting pada Blog ini terdahulu, atau untuk membaca trik tersebut, silahkan klik DISINI.

Setelah selesai membuat Bootable USB kemudian kita copas file hasil download Mini-XP tadi. yang didalamnya berisi file ntldr, ntdetect.com dan folder HBCD. Ketiganya kita simpan di folder Mini-XP misalnya, kemudian folder Mini-XP tadi kita copas juga di Bootable USB kita.

Kemudian, di PC atau Laptop yang akan kita backup data, kita pilih bootable ke USB, setelah proses booting, di layar akan muncul dialog menu kemudian kita pilih No. 2 yaitu menggunakan NC (Norton Commander) dan kita aktifkan NTFS for Dos nya. Setelah beberapa saat akan muncil 2 jendela pada program NC, yang sebelum kiri kita aktifkan Drive USB Bootable kita, dan sebelah kanan dengan memilih ALT+F2 kita aktifkan drive PC atau Laptop yang ada OS troble yang akan kita install ulang.


Kemudian dengan fasilitas TAB kita pilih Jendela Kiri dan kita sorot Folder Mini-XP yang ada di bootable USB, Kemudian tekan tekan enter untuk membuka folder. copas 2 file (ntldr dan ntdetect.com) ke drive sebelah kanan, apabila ada muncul pertanya pilih OVERWRITE.Kemudian tekan TAB untuk pindah ke jendela kanan di drive PC yg OS rusak, selanjutnya kita tekan F6 untuk membuat folder HBCD. Kemudian tekan ENTER pada Folder HBCD, dan folder HBCD akan terbuka dengan keadaan kosong tanpa file apapun. Setelah itu kita tekan TAB lagi untuk pindah ke jendela kiri (Bootable USB) Pilih dan buka folder HBCD, copas semua file di folder HBCD ke Folder HBCD yang berada di jendela kanan (OS rusak). Apabila proses selesai, restart PC anda dan ambil Bootable USB. PC akan Boot normal. Setelah selesai dan muncul START kita tinggal memilih file2 data yang akan kita backup.

Setelah selesai kita akan siap dengan menginstall OS baru di PC atau Laptop tersebut...
SILAHKAN MENCOBA... SEMOGA BERHASIL..!!
Share this article :
 
Support : Usamah Computer | Usamah Computer Online Shop
Copyright © 2011. ..:: Usamah Computer ::.. - All Rights Reserved
Template Modify by Usamah Computer
Proudly powered by Blogger