Home » , » Cara Disable OneDrive dan Menghapusnya dari Windows Explorer pada Windows 10

Cara Disable OneDrive dan Menghapusnya dari Windows Explorer pada Windows 10

Usamah Comp | 11:31 PM | 0 comments

Sobar Blogger...!
Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menonaktifkan Onedrive dan menghapusnya dari Windows Explore pada OS Windows 10. Windows 10 menyertakan onedrive, Dimana seolah-olah kita punya dari yang berada diluar PC atau laptop yang kita pakai, yaitu dengan mempunyai ID pada Microssoft.com, akan tetapi masih banyak pengguna Windows yang belum memiliki ID tersebut, Sehingga Onedrive akan terkesan menjadi suatu fasilitas Windows yang "muspro" belum begitu berguna di kalangan kita. pada dasarnya Onedrive secara resmi dari Microsoft adalah tidak dapat menonaktifkannya. Akan tetapi itu tidak benar - ada beberapa cara untuk menonaktifkan onedrive dan menghapusnya dari File Explorer pada Windows 10.

Untuk pengguna Windows 10 Home

Microsoft memberikan kebijakan untuk dapat menonaktifkan Onedrive yaitu pada edisi Windows 10 Profesional. Pengguna Windows 10 Home Edition dapat menggunakan registry hack di bawah ini untuk menghapus Onedrive.

Metode ini sangat ideal untuk pengguna Windows 10 Home yang ingin menghilangkan onedrive tanpa benar-benar menghapus dari OS Windows 10. Artinya dengan cara ini Onedrive bisa dimunculkan kembali.

Untuk melakukan ini, pertama-klik kanan ikon onedrive di area notifikasi Anda - tampak seperti awan putih kecil - dan pilih Settings. Anda mungkin harus mengklik tombol panah hingga melihat semua ikon system tray sebelum Anda melihat ikon onedrive.

Hapus tanda centang pada option “Start OneDrive automatically when I sign in to Windows” dan menyimpan pengaturan Anda. Onedrive tidak akan muncul lagi saat startup Windows 10.

Jika Anda tidak berencana untuk menggunakan onedrive, Anda juga mungkin ingin klik atau tekan tombol “Unlink OneDrive”. Ini akan membuat onedrive berhenti dari sinkronisasi sampai Anda memasangnya lagi. sehinggal icon Onedrive akan berwarna abu-abu jika Anda belum menyiapkan onedrive.

Anda sekarang hanya perlu menghapus option "onedrive" yang terletak di panel navigasi dari Windows Explorer. Hal ini memerlukan hack registri.

Silahkan Download registry file untuk menyembunyikan Onedrive DISINI. dan disertakan juga registry untuk memunculkannya kembali pada Windows Explorer.

Setelah anda mengklik file registry diatas maka Onedrive akan langsung hilang dari Windows Explorer, akan tetapi apabila Onedrive masih tampil silahkan restart PC anda.

(Anda juga bisa melakukan sendiri, tentu saja. File Reg atas mengubah nilai System.IsPinnedToNameSpaceTree DWORD pada HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6}\ dirubah menjadi 0, dari nilai default 1. pada Windows 64-bit, juga mengubah nilai System.IsPinnedToNameSpaceTree DWORD pada HKEY_CLASSES_ROOT\Wow6432Node\CLSID\{018D5C66-4533-4307-9B53-224DE2ED1FE6\. untuk membatalkan perubahan, atur pengaturan yang sama kembali ke nilai asli 1.)

Jika sinkronisasi Onedrive dengan PC anda diputus, maka file yang sudah di upload ke Onedrive tidak akan terhapus, yang terhapus hanya file yang berada pada PC anda,

Untuk Pengguna Windows 10 Profesional, Enterprise, dan Education

Pada Windows 10 Profesional, Enterprise, dan Education dapat diset pada Group Policy Editor. Tools ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan onedrive, namun pengguna Windows 10 Home tidak bisa menggunakan ini.

Untuk melakukan hal ini, tekan tombol Windows untuk membuka kotak pencarian menu Start, ketik gpedit.msc ke dalamnya, dan tekan Enter untuk membuka Group Policy Editor. Arahkan ke folder berikut:

Local Computer Policy\Computer Configuration\Administrative Templates\Windows Components\OneDrive

Double klik  “Prevent the usage of OneDrive for file storage” pada policy setting di panel sebelah kanan, atur ke "Enable" kemudian klik "OK"

Hal ini membuat tidak bisa akses ke Onedrive. Onedrive akan disembunyikan dari Windows Explorer dan pengguna Windows tidak akan bisa menggunakan Onedrive. Untuk membatalkan perubahan, kembali pada "Not Configured" bukan "Enable".


Ada tips lain, sebuah metode yang menggunakan installer onedrive di folder sistem Windows untuk meng-uninstall onedrive dari sistem anda. Kami tidak merekomendasikan opsi ini karena beberapa alasan. Kami tidak yakin bagaimana untuk mendapatkan onedrive kembali jika Anda uninstall, kecuali dengan menginstall ulang OS Windows 10.

Jika Anda benar-benar yakin Anda ingin untuk menghapus onedrive dari sistem anda - bukan hanya nonaktifkan seperti metode di atas - Anda dapat membuka jendela Command Prompt sebagai administrator dan jalankan perintah berikut untuk memastikan onedrive tidak berjalan:

taskkill /f /im OneDrive.exe

Setelah anda melakukan diatas, jalankan perintah berikut ini, untuk OS Windows 10 x32 :

%SystemRoot%\System32\OneDriveSetup.exe /uninstall

Sedangkan untuk OS Windows 10 x64 adalah :

%SystemRoot%\SysWOW64\OneDriveSetup.exe /uninstall

Demikian paparan yang bisa saya bagi seputar, cara untuk menonaktifkan (disable) Onedrive dan menghapusnya dari Windows Explorer pada OS Windows 10.

Semoga bermanfaat, Selamat Mencoba..?
Good Luck..!!!

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Usamah Computer | Usamah Computer Online Shop
Copyright © 2011. ..:: Usamah Computer ::.. - All Rights Reserved
Template Modify by Usamah Computer
Proudly powered by Blogger