Home » , » Membuat Bootable DOS pada FlashDisk atau MMC

Membuat Bootable DOS pada FlashDisk atau MMC

u_comp_solo | 7:26 PM | 6comments

Anggap saja komputer atau laptop anda baru dan belum ada OS (Operating System) nya atau program yang lain, untuk menginstall OS pada PC tersebut biasa nya kita gunakan dengan Optial Drive yang mungkin berupa CD-R/CD-RW/CD-Combo atau DVD-RW drive, namun karena perkembangan teknologi optical drive kadang tidak diketemukan dalam beberapa PC seperti netbook atau deskbook. Berkaitan dengan masalah tersebut kita akan  mencoba berbagi pengalaman dengan netter, yaitu bagaimana cara menginstall OS tanpa menggunakan Optical Drive seperti di atas.

Yang bisa kita gunakan adalah UFD (Usb Flash Disk) minimal kapasitas 4 GB, melalui OS windows yang sudah ada, milik sendiri atau dari teman, bisa digunakan untuk membuat UFD menjadi Bootable, dengan software/program HPUSBFW.EXE, bisa anda ceri di google kemudian download.

Disertakan beberapa software atau tools yang dapat digunakan untuk mempartisi Harddisk atau pun yang lain dan bisa di download DISINI.

Setelah dua file tersebut kita Unduh, selanjutnya adalah:

Colok UFD ke PC yang ber-OS normal, Windows XP, atau Windows 7, kemudian file HPUSBFW.EXE hasil download diklik 2x, maka akan muncul tampilan pada monitor seperti dibawah ini:



-          Device = kita arahkan ke UFD yang akan kita buat bootable
-          File System = fat32
-          Volume Label = terserah???
-          Format Option (centang) Quick Format dan Create a DOS startup disk
-          Using DOS system located at: kita arahkan ke folder Flasboot yang kita download tadi yang tentunya sudah di unrar atau diextract terlebih dahulu.
Setelah semuanya dah siap kemudian kita Klik Start, kita tunggu sejenak sampai selesai. Setelah selesai kita tutup program HP USB tadi, dan kita browse folder extract FlashBoot tadi, seperti pada gambar dibawah ini:



Kemudia kita copas semua file dan folder yang di dalam folder flashboot tadi ke UFD yang telah kita format tadi. Overwrite ALL. SELESAI. Berarti kita sudah punya UFD yang bisa dibuat untuk mengarahkan Booting PC. Silahkan dicoba…!!!
Share this article :

6 comments:

belajar islam said...

Lek... tampilan blogge siip. aku pengin model ngene iki. Template opo? carane gawe menu tab-e piye?... ajari langkah-langkahe, arep tak tiru...

u_comp_solo said...

===English=== Who Are you???

Anonymous said...

coba buat tutorial blogger Om. banyak yang cari... aku juga baru cari-cari tutorial buat blog yang menarik....

Rifan Asri said...

ane bisa ne makek nya ,,,
maksih gan

http://kutipan-terbaru.blogspot.com/

Unknown said...

Gak bisa gan,, layar notebook saya masih hitam (kosong) gan...
Tolong bantu gan...

u_comp_solo said...

maksud layar kosong pada proses yang mana gan..?
atau bisa jadi flashdisk agan tidak support untuk bootable media, soalnya ane bbrp kali mengalami flasdisk ndak bisa untuk bootable..

Post a Comment

 
Support : Usamah Computer | Usamah Computer Online Shop
Copyright © 2021. ..:: Usamah Computer ::.. - All Rights Reserved
Template Modify by Usamah Computer
Proudly powered by Blogger