Home » , » Mscomm VB6 error reading comm device di Windows 7

Mscomm VB6 error reading comm device di Windows 7

u_comp_solo | 9:12 PM | 0 comments

Salam Blogger...!!!
Sobat blogger atau programmer, yang senang utak-utik script dengan menggunakan VB 6.0, kali saya aka berbagi tentang "Mscomm VB6 error reading comm device di Windows 7".

MScomm adalah salah satu component OCX yg bisa diterapkan di VB 6.0 dan digunakan untuk koneksi program pada modem atau device yang lain. Jika kita menggunakan OS Windows XP kita tidak pernah menemukan kesalahan pada saat kita test running program yang kita susun di VB 6.0 dengan menggunakan MScomm, akan tetepi apabila PC kita menggunakan OS Windows 7 maka sesekali atau bahkan sering kita jumpai ketika kita test running program dengan menggunakan component MScomm muncul pesan "error reading comm device" atau error kode 8020.

Untuk mengatasi permalahan diatas silahkan update driver device yang terbaru support OS Windows 7, Windows 8.1, sesuai dengan merk atau produk yang digunakan. Misalnya sobat menggunakan USB to serial PL2303_Prolific maka driver yang terbaru versi 3.4.67.325 bisa diunduh dari www.prolific.com.tw atau dengan mengklik DISINI.

Setelah selesai unduhan, uninstall terlebih dahulu driver yang terlah terinstall, kemudian restart PC sobat, setelah itu baru kemudian diinstall ulang file hasil unduhan tadi. Kemudian kita jalankan project VB 6.0,  dan sobat test run script VB 6.0 sobat... Jreng pesan "error reading comm device" sudah tidak muncul lagi.

Selaman Mencoba...!!!
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Usamah Computer | Usamah Computer Online Shop
Copyright © 2021. ..:: Usamah Computer ::.. - All Rights Reserved
Template Modify by Usamah Computer
Proudly powered by Blogger