Home » , » 5 Cara untuk Boot Safe Mode Windows 8 dan 8.1

5 Cara untuk Boot Safe Mode Windows 8 dan 8.1

u_comp_solo | 7:32 AM | 5comments



Salam Blogger...!!!

Apakah Anda pernah mencoba untuk boot ke Safe Mode di Windows 8 atau Windows 8.1? Apakah Anda mencoba menekan kedua F8 dan Shift + F8 dan tetap tidak berhasil? Itu karena disebabkan telah dirubah cara untuk boot safe mode pada windows 8 dan 8.1. cara booting windows 8 dan 8.1 dirubah menjadi cara booting yang begitu cepat, jadi bila kita mencoba untuk interupsi dan masuk safe mode agak sulit. Berikut adalah 5 cara di mana Anda dapat boot ke Safe Mode, yang tidak melibatkan hacks khusus atau konfigurasi manual.

Safe Mode pada Windows 8 dan 8.1

Safe mode pada windows 8 dan 8.1 tidak lah berbeda dengan windows sebelumnya. secara tampilan hampir mirip.


Operating System windows tetap akan meload driver-driver dasar dan service. sehingga OS bisa menampilkan beberapa program yang biasa dipakai. yang membedakan dengan OS sebelumnya dalam hanya resolusi layar pada safe mode Windows 8 dan 8.1 hanya dari 800x600 pixels ke 1024x768 pixels.

1. Menggunakan System Configuration Tool (msconfig.exe) bisa digunakan pada Windows 8 dan 8.1

Cara yang mudah untuk boot safe mode adalah dengan menggunakan System Configuration Tools, atau yang sering di kenal dengan msconfig.exe yaitu dengan cara : melalui run atau search buka msconfig.exe, kemudian cari tab menu Boot dan pada Boot Options centang Safe Boot dan pilih Minimal, kemudian pilih OK.

Akan muncul tampilan untuk restart Komputer anda, Kemudian klik restart atau keluar program tanpa restart sesuai dengan keinginan anda.


Setelah restart Windows 8 dan 8.1 akan berada pada boot safe mode.

2. Menggungakan Shift + Restart

Cara yang lain adalah dengan menekan Power Button pada Layar Windows Login atau pada bagian setting, kemudian tekan SHIFT  pada keyboard anda dan klik restart.


Windows akan meminta anda untuk memilih Option, Pilih Troubleshoot.



Pada layar Troubleshoot, pilih Advanced options.


Pada layar Advanced options, pilih Startup Settings.



Windows akan memberikan beberapa opsi, termasuk enabling Safe Mode. Pilih Restart.


Komputer akan restart lagi dan menampilkan sembilan startup setting. Termasuk Safe Mode, Safe Mode with Networking dan Safe Mode with Command Prompt.


Tekan F4 pada keyboard anda, untuk boot safe mode, F5 untuk Safe Mode with Networking dan F6 untuk  Safe Mode with Command Prompt. Windows 8 dan Windows 8.1 akan restart sesuai dengan pilihan yang telah anda tentukan.

3. Boot dari System Recovery CD/DVD hanya bekerja pada Windows 8

Pada Windows 8, dan bukan Windows 8.1, anda dapat membuat sebuat sistem recovery CD atau DVD, jika anda telah memiliki CD atau DVD coba boot dengan CD atau DVD tersebut, ketika diminta untuk menekan sembarang tombol untuk meload isi menunya, kemudian lakukanlah. Pertama anda akan ditanya tentang keyboard layout, Pilih layout yang akan anda gunakan, apabila ingin melihat beberapa pilihan, pilih "See more keyboard layouts" sampai anda menemukan yang dikehendaki.

Kemudian, pilih salah satu Opsi yang tampil pada layar.


Dari sini, langkah2 nya hampir mirip dengan metode no. 2.

4. Boot dari System Recovery USB Flahsdisk

Pada Windows 8 dan 8.1 anda dapat menggunakan Recovery Media Creator untuk membuat system recovery drive pada USB flash Drive.
Setelah anda memiliki USB flashdisk yang bisa Boot, kemudian ikuti langkan2 seperti pada metode ke 3.

5. Tekan F8 atau Shift + F8 (cara ini tidak berlaku ketika menggunakan UEFI BIOS dan SSDs)

Pada Windows7, anda dapat menggunakan F8 ketika Windows mulai start, untuk membuka Advanced Boot Options window, dimana dari menu ini anda dapat memilih start Windows 7 pada kondisi Safe Mode.
Beberapa sumber memberikan keterangan untuk tekan F8  ketika Windows 8 dan 8.1 memulai start, yang akan membantu anda untuk start pada recovery mode, dimana dari menu recovery tersebut anda dapat memilih boot safe mode. Permasalahannya terkadang sulit dengan menekan F8 atau shift + F8 pada Windows 8 dan 8.1 start up untuk memuncul recovery mode, karena boot Windows 8 dan 8.1 dibuat lebih cepat daripada Windows sebelumnya.
Apabila anda mempunyai model PC yang lebih baru, dengan UEFI BIOS dan SSD, anda akan lebih sulit lagi untuk interupsi pada saat booting Windows. Sedangkan pada pc yang lama, masih besar kemungkinan bisa masuk Recovery Mode  dengan menekan F8 atau Shift+F8.

Kesimpulan

Saya harap Anda menemukan panduan yang berguna. Jika Anda tahu cara lain Anda dapat membuat Windows 8 atau Windows 8.1 boot ke Safe Mode, jangan ragu untuk berbagi melalui komentar  di bawah. Banyak pembaca akan menemukan hal-hal yang baru yang belum diketahui.
Semoga Bermanfaat...!!!
Share this article :

5 comments:

Unknown said...

ok trima ksih

You Know Me said...

saya memakai cara yang kedua gan dan berhasil, terim akasih gan sudah berbagi pengetahuan tentang cara save move di win 8.1 ini, sangat bermanfaat untuk saya ^^

BON-chan said...

Sy mencoba semua cara yg di atas tp ttp tdk berhasil, apakah ad cara lain? Mhn bantuannya.

u_comp_solo said...

@verta asi, mungkin versi windowsnya yg berbeda kali, kita mencoba pake windows 8.1 pro.. dan semua itu bisa

Wandi Supriyanto said...

Artikel nya keren, berkunjung ke blog saya mas, terimakasih

http://www.cariinfo.net/2016/06/cara-masuk-ke-menu-safe-mode-windows-8_24.html

Post a Comment

 
Support : Usamah Computer | Usamah Computer Online Shop
Copyright © 2021. ..:: Usamah Computer ::.. - All Rights Reserved
Template Modify by Usamah Computer
Proudly powered by Blogger